Pengertian dan Macam-macam Topologi Jaringan Komputer Jaringan komputer berfungsi untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih. Dalam implementasinya ada beberapa topologi jaringan yang digunakan. T opologi jaringan sendiri adalah suatu cara / konsep yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, berdasarkan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, danstation. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna . Berikut Macam-macam Topologi Jaringan Komputer 1. Topologi BUS Topologi ini adalah topologi yang pertama kali digunakan untuk menghubungkan komputer. dalam topologi ini masing-masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Karakteristik Topologi BUS: Node – node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator. Sangat sederhana dala
Perangkat
Eksternal dan Peripheral
Peripheral adalah
hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel
ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini
bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh
hardware yang sudah terpasang didalam casing.
Link digunakan untuk
pertukaran kontrol, status, dan data antara modul I/O sering kali disebut
sebagai perangkat peripheral.
1.
Peripheral utama
(main peripheral)
Yaitu
peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh peripheral utama yaitu: monitor, keyboard
dan mouse.
2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam
mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan
lain-lain.
CONTOH Peripheral Input, yaitu :
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data dengan komputer.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
c.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook,
yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
d.
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan
men-design gambar dengan screen (monitor).
e. Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
f.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal
vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
h.
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan
disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
i.
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan,
rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads.
CONTOH Peripheral Ouput, yaitu :
a. Monitor
Monitor adalah periferal komputer yang digunakan untuk menampilkan data
yang sedang diproses oleh sistem komputer yang selanjutnya ditampilkan kepada
user.
b.
Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data pada
dokumen yang biasanya berupa kertas.
c.
Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna
menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan
menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan
dapat disajikan secara prima.
d.
Speaker
Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk
mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada
komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.
2.Eksternal
Eksternal adalah Perangkat
yang dihubungkan dengan komputer oleh suatu link dengan modul I/O.
Secara umum perangkat eksternal diklasifikasikan
menjadi 3 katagori :
1. Human
Readable
yaitu perangkat yang berhubungan dengan manusia sebagai pengguna komputer.
Cocok untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer.
Contohnya: monitor, keyboard, mouse, printer, joystick, disk drive.
2.
Machine readable
yaitu perangkat yang berhubungan dengan peralatan. Biasanya berupa modul
sensor dan tranduser untuk monitoring dan kontrol suatu peralatan
atausistem.cocok untuk berkomunikasi dengan peralatan.
3.
Communication
yatu perangkat yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.Misalnya: NIC dan modem.
cocok untuk berkomunikasi dengan perangkat jarak jauh.
Interface
ke modul I/O adalah dalam bentuk signal-signal control, status dan data.
Thanks admin :)
ReplyDeleteOk
DeleteSama"
ReplyDelete